//MUSIK LATAR BLOG //MUSIK LATAR BLOG

PA/GA (Public Address/General Alarm) System


  PA pada PA/GA system berarti Public Address, sedangkan GA berarti General Alarm.Secara harfiah PA/GA system berarti perangkat yang berfungsi untuk Pemanggilan/Pengumuman dan Penyiaran alarm pada suatu lokasi. PA/GA system biasanya dipergunakan pada lokasi-lokasi industri, khususnya industri perminyakan dan gas bumi karena menyangkut persyaratan peralatan keselamatan. Namun, di gedung-gedung pun baik perkantoran maupun mal-mal sering kita lihat perlengkapan tersebut, baik untuk memanggil seseorang (pagging) maupun untuk menyiarkan sirine tanda kebakaran.
Umumnya PA/GA system diatur berdasarkan zona atau area-area tertentu, sehingga seorang operator dapat mengumumkan informasi hanya ke area-area tertentu saja tanpa harus menyiarkan ke seluruh lokasi.
        PA/GA secara sistem terdiria atas  Microphone, Zone Selector, Processor Controller, Amplifier, Loudpeaker, Beacon Lamp dan Input/Output interface sebagi I/O untuk sensor-sensor alarm. 
  • Microphone berfungsi debagai pengubah suara ke dalam sinyal elektronik sehingga bisa diolah dan dimodifikasi oleh perangkat elektronik lainnya. Biasanya langsung ter-integrasi dengan perangkat zone selector.
  • Zone Selector, adalah perangkat mekanik atau elektronik yang digunakan untuk memilik kanal amplifier yang akan digunakan yang diatur berdasarkan zona-pengaturannya.
  • Processor Controller, adalah perangkat kontroler pintar yang dapat mengatur penyaluran suara secara digital atau analog, dan dapat pula menyimpan/merekam suara-suara standard yang akan digunakan baik untuk pengumuman maupun untuk penyiaran sirine-sirene tanda bahaya (bukan hanya kabakaran)
  • Amplifier, adalah perangkat penguat sinyal suara untuk di distribusikan keloudspeaker-loudspeaker di seluruh lokasi. Amplifier memiliki tingkatan-tingkatan power tertentu, ada yang memiliki kapasitas 100W, 200W, 250W, 500W, dan lain-lain sesuai dengan merek dan kebutuhan yang digunakan. Namun beban loudspeaker yang tersambung sebaiknya tidak penuh, 80% beban terpasang dari beban maksimum adalah disarankan.
  • Loudspeaker, adalah perangkat pengubah sinyal elektrik ke sinyal suara. Tiaploudspeaker memiliki karakteristik sendiri, baik kekuatan dari speaker tersebut yaitu 6W, 15W, atau 25W maupun karakteristik/pola  penyebaran suaranya.
  • I/O interface, adalah antar muka yang menjadi perantara antara perangkat PA/GA System yaitu Processor Controller  ke perangkat sensor yang berfungsi sebagi pemicu / trigger yang berada di luar system PA/GA. Baik dari alat sensor langsung maupun berasal dari perangkat Alarm terpusat tersendiri.
  • Beacon Lamp, adalah lampu penanda sebagai pengganti sinyal audio pada lokasi-lokasi tertentu yang sangat bising (>85dBA) dimana pekerja diwajibkan menggunakan peralatan penutup telinga.
 Gambar Block Diagram Sederhana PA/GA system


        Untuk pemasangan system PA/GA yang optimal, diperlukan Sound Coverage Study terlebih dahulu. Sebagai data input adalah data karakteristik speaker yang akan dipasang, mapping lokasi,  dan yang terutama adalah mapping nyata/atau mapping perkiraan dari Noise yang akan muncul pada saat operasioanal. Sound coverage study dapat dilakukan secara manual drawing atau dengan menggunakan software-software audio yang telah ada, sehingga dicapai coverageyang mendekati 100% dan distribusi suara yang masih terdengar oleh telinga manusia yaitu berkisar 6-10dB diatas noise termasuk didalamnya adalah penempatan beacon lamp pad lokasi-lokasi bising seperti pada ruang genset atau turbin yang memiliki noise > 85dBA. 
 Gambar Contoh Sound Coverage Study
Informasi-informasi lainnya berkenaan dengan PA/GA system ini akan dibahas pada beberapa tulisan selanjutnya.
dB (A) Simbol ini sering digunakan untuk perkiraan respon telinga manusia untuk suara,meskipun pengukuran masih dalam dB (SPL). Pengukuran ini biasanya merujuk pada efekkebisingan dyang mengganggu pada manusia dan hewan, dan digunakan secara luas dalamindustri berkenaan dengan masalah pengendalian kebisingan, peraturan dan standar lingkungan.


0 comments:

Post a Comment