//MUSIK LATAR BLOG //MUSIK LATAR BLOG

Cloud Computing

Definisi
Cloud computing adalah pemanfaatan dari penggabungan teknologi komputer untuk perkembangan berbasis internet dengan piranti perangkat lunak dan system operasional juga secara online

Manfaat / Keuntungan
Manfaat dari computing sangat bermanfaat bagi konsumen karena mereka menggunakan aplikasi tanpa harus menginstal aplikasi yang mereka inginkan, mereka cukup mengakses pada computer pribadi mereka dengan menggunakan akses internet. Misalnya saja pada yahoo email atau gmail.

Konsep dalam Cloud Computing
Terdapat 3 konsep Cloud Computing yaitu :

Infrastructure as a Service (IaaS) : konsep tertua dimana pengimplementasiannya banyak dilakukan mulai dari penggunaan atau penyewaan jaringan untuk akses Internet, layanan Disaster Recovery Center, dan sebagainya.
Platform as a Service (PaaS) : konsepnya hampir serupa dengan IaaS. Namun Platform disini adalah penggunaan operating system dan infrastruktur pendukungnya. Yang cukup terkenal adalah layanan dari situs Force.Com serta layanan dari para vendor server.
Software as a Service (SaaS) : berada satu tingkat diatas PaaS dan IaaS, dimana disini yang ditawarkan adalah software atau suatu aplikasi bisnis tertentu. Contoh yang paling mutakhir adalah SalesForce.Com, Service-Now.Com, Google Apps, dan sebagainya.
Karakter dari Cloud Computing
Cloud Computing memiliki 3 teknologi pada umumnya, yaitu :

Grid Computing : Metode komputasi dimana sebuah komputer raksasa virtual yang terdiri dari beberapa komputer melakukan sejumlah besar kegiatan sekaligus, yang secara bersama-sama melakukan semua bagian tugas komputasi. Cloud computing memiliki karakterisitik ini misalnya dalam jaringan peer-to-peer ataupun SETI@home.
Utility Computing : Konsep komputasi dimana pengguna cukup membayar apa yang ia pakai. Konsepnya persis seperti kita menyewa listrik dari PLN, dimana kita menggunakan “meteran” untuk mengukur aktifitas penggunaan layanan yang telah kita pakai.
Autonomic Computing : Konsep dimana komputer beserta sistem infrastruktur komputasinya memiliki kemampuan self-management atau dalam arti umumnya ia memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Contohnya hardisk pada server jika sudah penuh maka secara otomotis server akan mengantisivasikan hardisk cadangan sehingga tidak mengalami kesuitan dalam menyimpan data.
Komponen dari Cloud Computing
Cloud Clients

Seperangkat komputer ataupun software yang didesain secara khusus untuk penggunaan layanan berbasis cloud computing. Misalnya :

Mobile – Windows Mobile, Symbian, dan lain-lain.
Thin Client – Windows Terminal Service, CherryPal, dan lain – lain
Thick Client – Internet Explorer, FireFox, Chrome, Opera, dan lain – lain.
Cloud Service

Produk, layanan dan solusi yang dipakai dan disampaikan secara real-time melalui media Internet. Contoh yang paling popular adalah web service. Diantaranya :

Identitas : OpenID, OAuth, dan lain – lain
Integration : Amazon Simple Queue Servise.
Payment : Paypal, Google Checkout
Mapping – Google Maps, Yahoo! Maps.
Cloud Applications

Memanfaatkan cloud computing dalam hal arsitektur software. Sehingga user tidak perlu menginstal dan menjalankan aplikasi dengan menggunakan komputer. Diantaranya :

Peer-to-peer : BitTorrent, SETI, dan lain- lain
Web Application – Facebook, twitter.
SaaS : Google Apps, SalesForce,com dan lain – lain
Cloud Platform

Merupakan layanan berupa platform komputasi yang berisi hardware dan software2 infrasktruktur. Biasanya mempunyai aplikasi bisnis tertentu dan menggunakan layanan PaaS sebagai infrastruktur aplikasi bisnisnya. Contoh :

Web Application Framework : Python Django, Rubyon Rails, . NET
Web Hosting
Propierty : Force.Com
Cloud Storage

Melibatkan proses penyampaian penyimpanan data sebagai sebuah layanan. Misal :

Database : Google Big Table, Amazon SimpleDB
Network Attached Storage : Nirvanic CloudNAS, MobileMe iDisk.
Cloud Infrastructure

Merupakan penyampaian infrastruktur komputasi sebagai sebuah layanan. Contohnya :

Grid Computing : Sun Grid
Full Virtualization : GoGrid, Skytap
Compute : Amazon Elastic Computer Cloud
Penggunaan dari Cloud Computing
VBLOCK INFRASTRUCTURE PACKAGES

Paket infrastruktur yang menggabungkan teknologi virtualisasi, jaringan, komputasi, storage, keamanan, dan pengelolaan terbaik. Misalnya oleh Cisco, EMC dan VMware.

Seluruh teknologi terintegrasi, teruji dan tervalidasi, serta siapa diimplemantasikan dan tersedia dalam tiga pilihan konfigurasi yang mendukaung 300 sampai 6.000 mesin virtual untuk beragam skenario kebutuhan.

IBM VMCONTROL

Produk yang dikombinasikan dengan perangkat lunak IBM Tivoli. Respons yang lebih cepat terhadap kebutuhan bisnis. Penggunaan sumber daya secara lebih efisien. Perusahaan dapat memonitor, mempertahankan, dan menyesuaikan tingkat layanan menurut beban kerja komputasi yang ditangani oleh himpunan sumber daya teknologi informasi. Memungkinkan sistem yang lebih pintar, punya kemampuan memindahkan beban kerja dan melakukan penyesuaian.

Daftar Pustaka :

9 Juli 2011

sofy.web.id/mjk200901/presentasi/Cloud%20Computing.ppt

http://teknoinfo.web.id/teknologi-cloud-computing/

http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2022693-definisi-cloud-computing/

0 comments:

Post a Comment